Dugaan Pelanggaran Kode Displin, FIFA Investigasi Timnas Argentina

FIFA Menginvestigasi Timnas Argentina Atas Dugaan Pelanggaran Kode Disiplin Usai Memenangkan Piala Dunia. (Design by @jauhras)

ANDALPOST.COM – FIFA telah menyatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan disipliner terhadap juara Piala Dunia Argentina atas “perilaku ofensif” dan “pelanggaran fair play” yang terjadi selama final di Qatar.

Tidak hanya itu, “pelanggaran pemain dan badan resmi” kemungkinan terlibat juga dalam pelanggaran ini.

Setelah bermain imbang 3-3 yang mendebarkan dalam pertandingan final Piala Dunia FIFA 2018 di Stadion Lusail Qatar, Argentina akhirnya menang atas Prancis dalam adu penalti.

Kingsley Coman mendapat penalti yang diselamatkan kiper Aston Villa Emiliano Martinez dalam adu penalti, sementara Aurelien Tchouameni tembakannya gagal karena terganggu oleh Martinez.

Baik sebelum dan sesudah adu penalti, pertandingan yang memanas melihat banyak ketegangan yang terjadi. Sedangkan, Martinez menerima lebih banyak kritik usai selebrasi kontroversialnya.

Tanggapan FIFA

Sekitar sebulan sejak kemenangan Argentina, FIFA melakukan investigasi atas banyaknya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh timnas tersebut.

Asosiasi Sepak Bola Argentina juga dituduh melanggar aturan terkait pemasaran dan liputan media tentang acara tersebut.

“Komite Disiplin FIFA telah membuka proses hukum terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina karena potensi pelanggaran pasal 11 dan 12,” tulis laman resmi FIFA.

“Serta pasal 44 (tentang) Peraturan Piala Dunia FIFA Qatar 2022 bersama dengan Peraturan Media dan Pemasaran untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022,” tambahnya.

Diketahui pasal 11 memuat perilaku ofensif dan pelanggaran prinsip-prinsip permainan yang adil. Kemudian pasal 12 memuat aturan tentang pelanggaran pemain dan ofisial dari Kode Disiplin FIFA.

Argentina memenangkan Piala Dunia setelah mengalahkan Prancis dalam adu penalti. Ini menjadi kemenangan pertama mereka sejak memenangkan turnamen 1986.

Diketahui beberapa pelanggaran tersebut datang dari pemain Argentina. Salah satunya yakni Emiliano Martinez, kiper Aston Villa, yang tertangkap kamera di ruang ganti sedang membuat gerakan seksis dengan trofi yang dimenangkannya.

Tidak hanya pemainnya saja tapi secara keseluruhan ada beberapa bagian yang sedang diamati.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.