Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Cara Mengatasi Rambut Berketombe: Mulai dari Permasalahan Biasa Hingga yang Sulit untuk Diatasi

Ilustrasi kulit kepala berketombe. (Design by: Aini)

ANDALPOST.COM — Rambut yang berketombe menjadi masalah yang dialami oleh banyak orang. Sebab pada dasarnya, mayoritas dari aktivitas dan pekerjaan kita memang mengharuskan untuk bergerak dan/atau terkena sinar matahari.

Sinar matahari menyebabkan kondisi rambut kita menjadi kurang segar. Kemudian dengan adanya pergerakan dari tubuh kita, menyebabkan keringat. 

Kedua hal ini tentunya sangat berpengaruh pada kondisi kesegaran dan kebersihan kulit kepala kita. Makannya, tak jarang banyak dari kita memiliki rambut yang berketombe.

Sayangnya, meskipun memiliki ketombe merupakan hal wajar dan umum untuk terjadi, rambut berketombe menghasilkan rasa yang tidak nyaman di kepala karena gatal

Bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri akibat dari bau yang tidak segar. Hingga ketombe yang dapat terlihat. 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? 

The Andal Post melakukan wawancara dengan Nabila Al Bathaty, seorang Apoteker dan pemilik brand skincare Ouraqila, melalui Zoom pada Selasa (28/2).

Nabila menjelaskan, bahwa sebelum mengatasi permasalah ketombe, kita harus mengidentifikasi mengenai penyebab dari masalah rambut ini.

“Masalah ketombe atau dandruff, ini karena, kita liat dulu dia dipicunya oleh apa. Karena ketombe itu dia mayoritas dipicunya karena jamur, gitu ya. Maka kita menggunakan bahan-bahan yang dia sifatnya itu anti mikroba,” jelas Nabila.

Ia pun menjelaskan bahan-bahan apa saja dari produk sampo yang dapat mengatasi hal tersebut. Seperti tea tree oil, zinc, senyawa anti mikroba. 

“Nah itu bisa dipakai untuk mengurangi resiko munculnya ketombe kembali, gitu. Jadi, yang bisa dipake ya itu,  misalkan, ada lagi zinc pta. Itu juga bisa dipakai untuk senyawa anti mikroba di dalam shampo,” lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.