Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Penemuan Brilian, Remaja Semarang dapat Apresiasi Google

Abdullah Mudzakir : Sumber : dok Pribadi milik Abdullah Mudzakir

ANDALPOST.COM – Seorang remaja asal Semarang bernama Abdullah Mudzakir mendapatkan apresiasi dalam bentuk hadiah $5.000 dolar atau sekitar Rp. 75 juta atas kelihaiannya dalam bidang IT dan coding. Remaja ini  menemukan bug atau suatu celah yang sangat rentan dalam Google.

Abdullah Mudzakir saat ini masih duduk di bangku kelas 12 SMK 08 Kota Semarang dengan jurusan rekayasa perangkat lunak. Ia merupakan seorang remaja berusia 18 tahun yang lahir pada 10 April 2008.

Diketahui bahwa siswa kelas 12 itu mengikuti suatu sayembara yang dilakukan Google untuk menemukan bug atau celah dalam salah satu perusahaan terbesar di dunia itu. 

Mudzakir menerangkan bahwa sayembara yang dia ikuti itu sudah berlangsung dalam tempo waktu yang cukup lama yakni dua tahun lamanya terhitung dari 2021.

Mudzakir telah mengikuti beberapa sayembara yang diminta untuk mencari suatu bug atau celah. Akan tetapi keberuntungannya menyambut dalam sayembara Google di tahun 2021 yang sekarang mendapatkan apreasiasi. 

Mudzakir sempat menjelaskan bahwa penmuan bug terhadap Google telah ia dapati sejak 2020 akan tetapi pihak google baru menerima penemuannya tersebut di tahun 2021.

Perjalanan Mempelajari Dunia IT

Dengan bermodalkan pengaplikasian coding secara autodidak. Ia hanya memanfaatkan perangkat seadanya. Luar biasanya, ia berhasil menemukan bug atau celah dalam Google dengan rangkaian proses yang tidak mudah.

Mudzakir mulai mempelajari coding dan dunia IT sejak ia berada di bangku kelas 3 SMP. Ketekunannya dalam setiap proses pembelajaran pun ia lalui. Awalnya ia menggunakan laptop kakaknya ketika sedang tidak dipakai untuk mulai mengenal dunia IT.

Adapun kesusahan yang Mudzakir hadapi seperti ketersediaan perangkat pendukung seperti WiFi. Hal tersebut cenderung membuatnya harus pergi ke tempat yang ia sebut sebagai angkringan untuk membeli es teh dan menikmati WiFi sambil mendalami pembelajarannya mengenai coding dan IT.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.