Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Suasana Mudik Menjelang Lebaran di Stasiun Gambir Jakarta dan Stasiun Tawang Semarang

Potret penumpang di stasiun Gambir Menuju pemberangkatan ke Jawa. (Dok: TheAndalPost/Savannah Rodin)

ANDALPOST.COM – Suasana mudik menjelang lebaran 2023 semakin terlihat di beberapa stasiun, termasuk Stasiun Gambir, Jakarta Pusat dan Stasiun Tawang, Semarang.

Orang-orang tampak sibuk membawa banyak barang bawaan, seperti koper, tas, kardus. Bahkan, saking banyaknya barang, ada juga yang  menggunakan jasa portir untuk membawakan barangnya.

Tim The Andal Post melakukan reportase langsung ke lapangan untuk melihat suasana dan kondisi para pemudik di kedua stasiun tersebut. 

Diketahui, kedua stasiun tersebut menunjukkan suasana para pemudik yang berbeda. Stasiun Gambir banyak mengantarkan para pemudik ke luar Jakarta. Sedangkan stasiun Tawang banyak didatangj para pemudik yang telah merantau di berbagai daerah atau kota.

Potret Suasana Mudik Lebaran 2023 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat

Keramaian pemudik di lobi pintu selatan stasiun Gambir pada Selasa (18/4) pukul 08.00 WIB. Ada yang bepergian seorang diri, berpasangan, hingga rombongan keluarga. (Foto: FNurma)
Para calon penumpang kereta api juga mulai memadati peron dan menunggu keberangkatan kereta api di Stasiun Gambir (Dok: Savannah Rodin)

Diketahui, Stasiun gambir menunjukkan suasana yang mulai ramai pengunjung dengan mayoritas keberangkatannya menuju ke Jawa.

Lebih lanjut, salah satu penumpang stasiun Gambir dengan tujuan Semarang, Avi (32), mengaku sudah dua tahun tidak mudik ke kampung halaman di Semarang. Maka dari itu, ia sangat menantikan momen mudik tahun ini dan senang akhirnya bisa pulang.

“Senang akhirnya bisa pulang. Suami saya sampai cuti duluan biar nggak di hari yang padat banget,” kata Avi, dikutip dari Detik pada Selasa (18/4).

Lalu, penumpang lainnya dengan  tujuan Surabaya, Hendrawan (43), juga mengaku senang dan bersyukur bisa mudik kembali dengan lengkap bersama keluarga.

“Akhirnya bisa pulang ke Surabaya. Bersyukur banget bisa mudik bersama keluarga lengkap, sehat-sehat setelah pandemi kemarin,” ujar Hendrawan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.