Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Fitur Parent Controller di Google Assistant, kini Ramah Dipakai Anak

Ilustrasi Google Kian Ramah Digunakan oleh Anak dengan Bantuan Parent Controller (Design by @salwadiatma)

ANDALPOST.COM – Google telah menambahkan fitur parent-controller (kontrol orang tua) ke platform Asisten Google-nya. Fitur ini diluncurkan ke Google Home, aplikasi Family Link dan Google Assistant di iOS serta Android.

Adanya fitur ini memungkinkan orang tua untuk membatasi atau bahkan sepenuhnya menonaktifkan fungsi asisten tertentu. Lalu, dapat mengkonfigurasi pengaturan ramah anak, menyesuaikan waktu henti dan lainnya.

Hal ini menutup celah anak agar tidak lagi mengajukan pertanyaan aneh kepada Google Assistant atau menonton video saat waktunya mengerjakan pekerjaan rumah. 

Fitur Asisten Baru

Dengan fitur asisten baru, orang tua akan dapat memilih penyedia musik dan video mana yang dapat diakses oleh anak, termasuk YouTube Kids, YouTube, dan YouTube Music. Ini membatasi mereka untuk dapat menjelajahi konten dari layanan lain.

Fitur parent controller hanyalah permulaan. Dalam beberapa minggu mendatang, perangkat tersebut juga akan mendapatkan fitur untuk berkomunikasi secara lebih efektif dengan anak.

Kamus baru yang menawarkan definisi ramah anak saat merespons suara anak yang dikenalnya dengan suara baru yang berbicara lebih lambat dan ekspresif.

“Menggunakan teknologi, dan terutama perangkat suara, di rumah memungkinkan anak-anak mempelajari hal-hal baru, memanjakan rasa ingin tahu mereka, memanfaatkan pikiran kreatif dan rasa ingin tahu mereka tanpa harus melihat layar,” kata Payam Shodjai, Senior Asisten Google direktur manajemen produk mengatakan dalam sebuah wawancara.

Fitur Kamus Anak Google

Fitur baru yang disebut Kamus Anak juga ditambahkan, untuk menawarkan opsi agar Asisten Google memberikan jawaban yang lebih sesuai dengan usia.

Saat Asisten mendeteksi melalui fitur pencocokan suara bahwa seorang anak mengajukan pertanyaan. Lalu, Asisten dapat beralih ke Kamus Anak untuk merespons dengan definisi yang mudah dipaham dan cocok untuk anak.

Ini akan bekerja di speaker pintar, layar pintar, dan perangkat seluler, catatan Google.

Cara mengaktifkan Google Assistant ini memerlukan beberapa langkah.

Pertama, yang perlu dilakukan adalah anda harus membuat akun Google untuk mereka. (Lakukan ini menggunakan aplikasi Family Link, karena Anda akan membutuhkannya lagi nanti.)

Kemudian, tambahkan suara anak anda ke perangkat rumah pintar Anda, sehingga Asisten Google dapat bereaksi dengan tepat. Terakhir, di Family Link, buka Kontrol → Pembatasan konten → Asisten Google → Kontrol orang tua untuk mulai menyetel batas.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.