Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Talasemia Center RSUD Kanujoso Sediakan Layanan One Day Care untuk Rawat Jalan Pasien

Talasemia Center RSUD Kanujoso Sediakan Layanan One Day Care untuk Rawat Jalan Pasien
Talasemia Center RSUD dr Kanujoso | sumber RSUD Kanujoso

ANDALPOST.COM – Talasemia Center, sebuah layanan khusus di RSUD Kanujoso Balikpapan diperuntukkan bagi penderita talasemia telah menyediakan layanan unggulan bernama One Day Care. Layanan ini merupakan layanan transfusi darah yang memberikan peluang kepada pasien talasemia melakukan rawat jalan. 

Berdasarkan situs resmi Kemenkes RI, pihak RSUD tersebut mengatakan layanan Talasemia Center tersedia bagi pasien yang harus melakukan transfusi darah setiap dua minggu akibat kelainan darah.

Fasilitas Talasemia Center di RSUD dr. Kanujoso 

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Kanujoso menyampaikan bahwa saat ini Talasemia Center RSUD dr. Kanujoso telah menyediakan sebanyak 7 unit tempat tidur dengan fasilitas ruang tunggu. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para pendamping pasien ketika menunggu pasien sedang transfusi darah.

Sejauh ini, Talasemia Center sudah melakukan perawatan kepada 63 pasien, di antaranya 18 orang dewasa dan 45 anak-anak. Dari jumlah tersebut, pasien banyak berdomisili di Kalimantan Timur, sisanya berasal dari provinsi lain di Pulau Kalimantan.

Talasemia Center RSUD Kanujoso Sediakan Layanan One Day Care untuk Rawat Jalan Pasien
Ilustrasi talasemia pada anak | sumber: Kompasiana

“Ini sangat membantu anak-anak di Balikpapan dan sekitarnya. Saat ini kami banyak menjadi rujukan dari luar Kalimantan Timur termasuk dari Kalimantan Utara dan sekitar Kalimantan, dari Samarinda juga datang ke Balikpapan untuk dapat layanan talasemia di RSUD dr. Kanujoso,” ujar dr. Arisanti Irawati, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr. Kanujoso, dikutip pada Selasa (20/6/2023). 

Diketahui, perawatan pasien talasemia sebelumnya dilakukan dengan metode rawat inap. Hal ini menyebabkan banyak pasien anak talasemia sering tidak masuk sekolah.

“Sebelum kita menyediakan talasemia rawat jalan, transfusi darah dilakukan di rawat inap, ini menimbulkan kendala karena mereka sering tidak bisa datang karena sekolah, pihak sekolah juga komplain. Karena mereka sering bolos sehingga pendidikannya jadi terhambat.” ujarnya.

Pernyataan Penanggung Jawab Layanan Talasemia Center 

Dokter Elsa Maemun, Penanggung Jawab Layanan Talasemia Center mengungkapkan, One Day Care Talasemia Center merupakan layanan unggulan yang memberikan beberapa kemudahan kepada pasien. Di antaranya seperti mempercepat proses transfusi darah secara rutin, aman dan nyaman. Sehingga hemoglobin (Hb) pasien Talasemia tetap terjaga di angka 9.

“Keunggulan layanan kita di sini pelayanannya hanya satu hari. Jadi pasien datang pagi, darah sudah tersedia, malam pasien bisa pulang tanpa perlu rawat inap dalam proses transfusi,” kata dr. Elsa.

Adapun terkait jam operasionalnya, layanan One Day Care Center ini buka dari hari Senin hingga Jumat pada pagi hari hingga pukul 4 sore. Kunjungan pasien dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan yang tercatat pada buku pemeriksaan talasemia.

Pada buku ini terdapat sejumlah informasi lengkap berupa jadwal transfusi, jadwal pengambilan obat, jadwal cek darah, hingga hasil pemeriksaannya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.