Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Toyota Luncurkan Prius Hybrid Terbaru: Lebih Bertenaga dan Makin Kece

Toyota Luncurkan Prius Hybrid Baru (Design by @salwadiatma)

ANDALPOST.COM – Toyota resmi meluncurkan, mobil Prius Hybrid terbaru dengan tenaga yang lebih dan akselerasi semakin terdepan.

Tak hanya itu, mobil listrik keluaran Toyota tersebut juga memiliki gaya yang makin stylish, dengan membuang body bersudut untuk tampilan futuristik nan ramping.  

Simon Humphries, Manajer Umum Senior Desain Toyota Global, meluncurkan mobil tersebut di Tokyo pada hari Rabu (16/11/2022).

Simon menekankan bahwa perusahaan masih menentang skeptis berapa lama lagi pembuat mobil Jepang akan bertahan. Tentunya, dengan hibrida dalam industri mobil listrik yang berkembang pesat.

“Hanya karena Prius adalah mobil ramah lingkungan yang dapat dijangkau semua orang. Untuk mencapai netralitas karbon, semua orang di dunia harus berpartisipasi,” ujar Simon, dikutip dari Japan Today.

“Kami membutuhkan solusi ekologis yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Dan itu harus dimulai hari ini, bukan besok,” lanjut Simon.

Model hybrid Prius generasi kelima ini, akan mulai dijual pada musim dingin di pasar Jepang kemudian Amerika Serikat (AS). Sedangkan, untuk versi plug-in akan memasuki pasar tahun depan.

Hal tersebut diumumkan oleh Toyota Motor Corp. Namun, untuk harga yang dibanderol, pihak Toyota masih enggan memberikan bocoran.

Desain Prius Hybrid

Toyota mengganti baterai nikel logam hidrida yang lebih tua dengan baterai lithium ion lebih kecil, alhasil jauh lebih ringan.

Sehingga, Prius Hybrid terbaru kali ini memiliki dua kali lipat tenaga kuda dengan akselerasi lebih cepat dan jangkauan 50 persen lebih jauh.

Mobil Prius pertama kali dijual pada tahun 1997 silam. Kala itu, mesinnya masih menggunakan mesin bensin dan motor listrik untuk menghasilkan penggerak yang lebih bersih daripada model dengan mesin pembakaran biasa.

Prius Hybrid yang tergolong mobil listrik, dirancang agar nol emisi. Namun, tetap harus diisi ulang. 

Sayangnya, beberapa orang khawatir kehabisan daya saat di tengah jalan. Tetapi, Toyota merancang mobil itu dengan mesin bensin yang dapat digunakan sebagai cadangan.

Kendati muncul kekhawatiran dari sejumlah orang. Sejauh ini, Toyota secara kumulatif telah menjual lebih dari 20,3 juta kendaraan hybrid, termasuk mobil Prius, di seluruh dunia.

Prius, yang berarti “pelopor” atau “pertama” dalam bahasa Latin, telah mendefinisikan Toyota sebagai merek andal, seperti halnya model mewah Lexus.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.