Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Belanda Akui Kemerdekaan RI, Jepang Definisikan Ulang Makna Pemerkosaan Hingga Richard Theodore Diserbu Netizen

TAP Talk #84: Belanda Akui Kemerdekaan RI, Jepang Definisikan Ulang Makna Pemerkosaan Hingga Richard Theodore Diserbu Netizen
TAP Talk #84: Belanda Akui Kemerdekaan RI, Jepang Definisikan Ulang Makna Pemerkosaan Hingga Richard Theodore Diserbu Netizen. (The Andal Post/Eeza Putri)

Sinopsis: Negara yang pernah melakukan penjajahan atas Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni, Belanda, secara resmi telah mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia yang ditetapkan dalam teks proklamasi pada 17 Agustus 1945. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte. Pada saat debat parlemen yang membahas tentang aksi kolonialisme belanda pada masa lampau. Serta investigasi dalam perang kemerdekaan Indonesia. 

Hukum baru untuk mendefinisikan ulang pemerkosaan dan menaikkan batas usia legal untuk persetujuan, telah disahkan oleh pemerintah jepang pada jumat (16/6/2023). Setelah adanya demonstrasi dan tuntutannya ramai sejak tahun 2019. Definisi pemerkosaan diperluas menjadi “hubungan seksual non-konsensual” dari “hubungan seksual paksa”. Hal tersebut pun menyelaraskan definisi hukum jepang dengan negara lain.

 Baru-baru ini seorang tiktoker Bernama Richard Theodore dengan akun @callmerichs tengah ramai dibicarakan oleh netizen Indonesia. Pasalnya ia menyebutkan bahwa orang NTT tidak jujur dalam sebuah video postingan di Tiktok. Video yang diposting pada selasa, 913/6/2023), di akun tiktok @donnyrapu menunjukan bagaimana Richard yang sedang ingin membuat konten tes kejujuran yang bertepatan di salah satu daerah di NTT. 

Dengarkan informasi lengkapnya melalui podcast di bawah ini:

TAP Talk #84: Belanda Akui Kemerdekaan RI, Jepang Definisikan Ulang Makna Pemerkosaan Hingga Richard Theodore Diserbu Netizen

03.32 : Belanda Mengakui Kemerdekaan Indonesia

08.43 : Jepang Resmi Definisikan Ulang Makna Pemerkosaan

15.11 : Tiktoker Richard Theodore Diserbu Netizen

(wit/fau)