Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Intip Keseruan dan Daftar Pemenang di Festival Film Indonesia!

Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2022 pada Malam Anugerah FFI

ANDALPOST.COM – Festival Film Indonesia telah diselenggarakan pada Selasa (22/11/2022) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pada acara tersebut juga, telah diumumkan para pemenang penghargaan dalam acara bertajuk Malam Anugerah FFI pada pukul 20.00 WIB. 

Diketahui, acara ini digelar dengan mengusung tema “Perempuan: Citra, Karya & Karsa”.

Acara bergengsi yang sudah digelar sejak 1955 tersebut, turut dihadiri oleh empat duta FFI 2022, yakni Cut Mini, Shenina, Prilly, dan Marsha Timothy.

Ketua Komite FFI, Reza Rahadian pada malam itu di red carpet terlihat apik dengan setelan kemeja putih dan balutan jas berwarna hitam.

Selain itu, Reza juga tampak sigap dan sopan menyapa tamu-tamu yang datang. Salah satu tamu yang ia sapa, adalah Titiek Puspa. 

Acara bergengsi tersebut, juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi YouTube dan akun Instagram FFI. 

Alhasil, melalui siaran langsung, terlihat sebagian besar tamu. Aktris maupun pegiat sineas yang datang, mengenakan balutan kebaya dan jas hitam. 

Nominasi Film dan Daftar Pemenang di FFI 2022

Diketahui, seluruh film yang terdaftar dan mengikuti ajang penghargaan FFI 2022, terdiri dari 20 Film Rekomendasi Asosiasi. 

Film-film itu, telah melalui tahap nominasi untuk 21 kategori yang ditentukan oleh Akademi Citra FFI 2022 yang berjumlah 109 anggota.

Tercatat, bahwa terdapat 20 film dokumenter, 7 film dokumenter panjang, 30 film cerita pendek, 20 film cerita panjang, dan 15 karya kritik film.

Video Piala Citra Film Festival Indonesia 2022 | YouTube: @kemdikbudRI27

Adapun, teknis dan sistem penjurian sebagaimana tertulis dalam laman Festival Film ID, gelaran FFI 2022 menggelarkan sistem hibrida.

Yakni, kombinasi dari sistem voting pada tahap nominasi, penilaian para pakar melalui Dewan Juri akhir dalam penentuan pemenang.

Ditambah pula, pelibatan partisipasi asosiasi profesi perfilman yang mengambil bagian pada tahap awal dari penjurian. 

“Tahap Nominasi FFI 2022 telah kita laksanakan, yang hasilnya merupakan cerminan capaian keragaman tema, cerita, dan kualitas teknis yang sangat baik,” jelas Garis selaku Ketua Komite Bidang Penjurian FFI 2022.

“[Tidak lupa], capaian prestasi film di festival luar negeri, film dengan nilai-nilai lokal masyarakat, dan film dengan antusias penonton film yang tinggi,” sambungnya.

“Gairah produktivitas perfilman nasional tahun ini, patut kita banggakan dan syukuri untuk kemajuan industri perfilman tanah air,” tutup Garis.

Dalam tahap akhir penilaian, terdapat 24 juri yang ditunjuk sebagai Dewan Juri Akhir.

Secara rinci, akan ada sembilan juri akhir pada kategori ‘Film Cerita Panjang’, tiga juri ‘Film Cerita Pendek’, dan tiga juri ‘Film Animasi Pendek’.

Ditambah dengan, tiga juri kategori ‘Pengabdian Seumur Hidup’ untuk film, dan tiga juri pada kategori ‘Kritik Film’.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.