Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Jerome Polin: Mendadak Dihujat Karena Capybara?

Jerome Polin, Youtuber asal Indonesia yang sedang menjadi perbincangan di Twitter. | Instagram: @jeromepolin

ANDALPOST.COM – Tepat pada hari valentine, 14 Februari 2023, youtuber, content creator, sekaligus influencer, Jerome Polin, mengunggah foto hewan capybara pada media sosial Twitter, menggunakan caption: “CAPYBARA LUCU BANGET”. Anehnya, cuitan yang terlihat tidak membahayakan atau tidak mengandung unsur negatif ini justru mendapatkan respon negatif. 

Jerome Polin merupakan seorang warga negara Indonesia yang sempat menyelesaikan pendidikan S1 nya di salah satu universitas terbaik Jepang, Waseda University

Siapa Jerome Polin?

Jerome Polin memulai karirnya sebagai seorang pembuat konten pada media sosial YouTube, yang salah satunya membagikan kehidupannya sewaktu di Jepang. 

Youtuber dengan nama akun Nihongo Mantappu ini dikenal dengan karakternya yang lucu dan heboh, tetapi juga cita-citanya untuk menjadi Menteri Pendidikan Indonesia. 

Setelah menyelesaikan masa studinya di Waseda University, Jerome Polin pulang ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai seorang pembuat konten. 

Kali ini, Jerome tidak sendirian, melainkan bersama ketiga temannya yang berasal dari Jepang yaitu Tomo, Yusuke, dan Otsuka. Mereka berempat kerap disebut dengan panggilan Waseda Boys oleh para penggemarnya. 

Akhir-akhir ini, video dan foto lucu hewan capybara sering bermunculan di internet. Sebagian besar alasannya karena tingkah laku hewan ini yang disebut ramah kepada semua hewan, bahkan hingga suka dijadikan plesetan, “capybara hewan extrovert’ karena sifatnya yang dapat berteman dengan hewan apapun. 

Pada media sosial TikTok, lagu capybara yang hanya berisikan lirik “capybara”  diulang-ulang sebanyak tiga juta orang, isinya menunjukkan tingkah lucu dan konyol hewan ini. 

Belum lagi, baru-baru ini capybara juga dijadikan bahan meme, dengan sebutan “masbro”.

Sontak, Jerome Polin yang memiliki karir pada media sosial dan internet juga ikutan meramaikan trend capybara ini. Tetapi mengapa responnya negatif?

APA YANG MEREKA KATAKAN?

Awal mula hujatan ini dimulai ketika akun bernama @Abet_424 membalas cuitan Jerome tersebut, 

“Sudah waktunya kita berhenti masbro masbro karena Jerome ikutan. Saatnya cari hewan lain.” cuitnya.

Kemudian, cuitan tersebut dibalas oleh akun lain dengan nama @sisthaaaaa, 

“Well.. temen-temen orang Indo yang juga tinggal di jepun banyak yang anti-Jerome 😂,

mostly karena dia dianggap KY (空気読めない—silakan gugling artinya apa) (tidak bisa membaca suasana) terutama saat ngonten di public space. Trus juga sering terlalu menggeneralisasi ketika ngasih info soal Jepang. Gitu lah.” balasnya.

Dari kedua cuitan ini, tentu saja perbedaan pendapat muncul, salah satu yang menonjol adalah ketidaksukaan banyak orang terhadap Jerome. 

Banyak pendapat bahwa pada intinya mereka tidak menyukai Jerome Polin, terutama mengenai cara dia bersikap yang dinilai “tidak dapat membaca situasi.” 

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.