Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Game Roblox Mulai Kurang Diminati, Target Periode Kedua 2023 Gagal Tercapai

Game Roblox Mulai Kurang Diminati, Target Periode Kedua 2023 Gagal Tercapai
Tampilan awal Roblix, game kegemaran anak-anak Sumber: CNBC

ANDALPOST.COM – Perusahaan game asal Amerika, Roblox merilis hasil keuangan untuk kuartal kedua tahun 2023. Anehnya, Roblox mengungkapkan bahwa mereka memiliki peningkatan pendapatan sebesar 15% namun mengalami kerugian juga. 

Laporan keuangan yang dirilis pada Rabu (9/8/2023) tersebut menunjukkan bahwa Roblox berhasill meraih pendapatan sebesar US$ 681 juta atau senilai Rp 10,3 Triliun. Pendapatan tersebut berhasil meningkat sebesar 15% dibandingkan periode sebelumnya. 

Peningkatan pendapatan pada kuartal kedua Roblox ternyata tidak sejalan dengan keuntungan yang diraih oleh perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2004 tersebut. Pada kuartal kedua ini, Roblox harus menelan kerugian bersih yang nominalnya tidak sedikit yaitu US$285 juta atau senilai Rp 4,3 Triliun. 

Di sisi lain, Roblox patut membusungkan dada karena mereka menemukan adanya peningkatan pengguna aktif sehari-hari. Pengguna Roblox meningkat sejumlah  25% dari tahun ke tahun. 

AKumulasi pengguna Roblox pada kuartal kedua tahun ini telah mencapai 65,5 juta pengguna. Hal ini tentu menjadii salah satu batu loncatan sebab pada kuartal sebelumnya Roblox menemukan adanya penurunan kecil. 

Meski begitu, perusahaan yakin tentang tren masa depan. Roblox juga berencana untuk membangun platform yang mampu mendukung hingga satu miliar pengguna dari waktu ke waktu. 

Masalah Lain yang Muncul

Jumlah pengguna yang terus berkembang memang menjadi sesuatu hal yang harus diapresiasi. Namun, Roblox harus menghadapi beberapa masalah pendapatan. 

Jumlah rata-rata pemesanan per pengguna aktif harian turun 3% menjadi $ 11,92. Dalam tujuh dari delapan kuartal sebelumnya, statistik ini telah menurun dari tahun ke tahun. 

Padahal Roblox memiliki peningkatan 19% dalam pembayaran unik bulanan. Total ada  13,5 juta transaksi. 

Game Roblox Mulai Kurang Diminati, Target Periode Kedua 2023 Gagal Tercapai
Saham Roblox yang anjlok per hari ini Sumber: Google Finance

CEO Roblox David Baszucki menekankan fokus perusahaan pada kepemimpinan produk dan memberikan nilai kepada pencipta dan merek. Dia menyebutkan bahwa Roblox mengalami pertumbuhan organik di antara pengguna dari semua kelompok usia dan lokasi geografis. 

Tak lupa ia juga mengingatkan bahwa marwah perusahaan ini bertujuan untuk memberikan avatar dan pengalaman yang lebih inovatif dan mendalam bagi pengguna.

Roblox mengaitkan kerugian bersih kuartal ini dengan peningkatan biaya yang terkait dengan mendukung pertumbuhan bisnis, seperti biaya pertukaran pengembang, biaya personil, infrastruktur, kepercayaan dan keamanan, dan overhead perusahaan. Sementara diperkirakan akan terus melaporkan kerugian bersih di masa mendatang, Roblox memperkirakan menghasilkan uang tunai bersih dari aktivitas operasional.

Meskipun profitabilitas tidak diharapkan dalam waktu dekat, Roblox memperkirakan bahwa tingkat pertumbuhan pemesanan akan melampaui infrastruktur dan pengeluaran kepercayaan dan keamanan akhir tahun ini. Tujuannya adalah untuk sejalan dengan tingkat eskalasi biaya kompensasi pada awal 2024.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.