Gempa Cianjur Terjadi Dini Hari, BMKG: Warga Diminta Waspada

Update BMKG tentang Gempa Terkini Cianjur (Sumber: Instagram @infobmkg)

ANDALPOST.COM – Gempa terkini Cianjur dilaporkan terasa sejak dini hari (24/1/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ungkap untuk warga berhati-hati dengan gempa susulan yang mungkin terjadi dan akan dirasakan oleh sejumlah wilayah lainnya.

Informasi gempa tersebut menyusul sejumlah kejadian dengan skala lebih kecil yang sering mengguncang Cianjur pada beberapa hari terakhir. Lewat unggahan instagram, BMKG menghimbau kepada warga untuk hati-hati.

“Hati-hati dengan gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG pada laman resminya (24/01/2023) sebagai upaya memberikan saran kepada masyarakat.

BMKG menyebutkan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang. 

Beberapa wilayah seperti Cianjur, Cikalongkulon, Karangtengah, Cipanas, hingga luar kabupaten Cianjur merasakan guncangan gempa tersebut. Gempa terkini Cianjur juga dijelaskan oleh BMKG bahwa dirasakan di Purwakarta dengan Skala Intensitas III MMI.

Menurut BMKG, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, serta di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok dengan Skala Intensitas II MMI. 

Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

Dengan skala tersebut getaran akan dirasakan oleh beberapa orang, dengan kejadian benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Gempa yang terjadi ini dikatakan oleh BMKG tidak berpotensi tsunami.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ungkap BMKG.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 Januari hingga hari ini pukul 03:15 WIB telah terjadi 487 kali gempa bumi di wilayah Cianjur.

BMKG menghimbau untuk masyarakat bisa tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tulis BMKG. 

Sebelumnya, pada dini hari tadi melalui twitter resminya BMKG menginformasikan bahwa telah terjadi Gempa berkekuatan 4,3 Magnitudo (M) di Cianjur, Jawa Barat. Kedalaman gempa hingga 10 Km dan terjadi pada pukul 02.45 dini hari.

“Gempa dirasakan Magnitudo 4,3, Kedalaman: 10 km, 24 Jan 2023 02:45:01 WIB, Koordinat: 6,82 LS-107,07 BT (Pusat gempa berada di darat 7 km Barat Laut Kabupaten Cianjur), tulis BMKG dalam laman twitter resminya. 

Unggahan titik gempa Cianjur oleh BMKG pada dini hari tadi. (Sumber: Twitter @infoBMKG)

BMKG juga menyebutkan bahwa data yang dibeberkannya tersebut belum stabil dan masih bisa berubah.

“Disclaimer: Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.