Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Pembaruan Keamanan Twitter: Label Visibilitas terhadap Tweet yang Berpotensi Melanggar Kebijakan Twitter

Label Visibilitas Twitter, source by Pexels

ANDALPOST.COM — Twitter resmi mengumumkan pembaruan terbarunya melalui blog resmi Twitter pada Senin (17/4). Terkait label visilitas bagi cuitan yang berpotensi melanggar kebijakan Twitter.

“Hari ini, kami dengan senang hati membagikan pembaruan tentang pendekatan kami terhadap penegakan kebijakan yang lebih menyelaraskan filosofi ini dengan komitmen kami terhadap transparansi,” jelas Twitter Safety dalam Twitter Blog.

Baik pengguna dan pembaca Tweet nantinya dapat melihat label visibilitas jika terdapat unggahan Tweet dari pengguna yang berpotensi melanggar kebijakan Twitter.

“Sebagai langkah pertama, Anda akan segera mulai melihat label pada beberapa Tweet yang teridentifikasi berpotensi melanggar aturan kami seputar Perilaku Kebencian yang memberi tahu Anda bahwa kami telah membatasi visibilitasnya,” jelas Twitter Safety dalam akun twitter @TwitterSafety

Pembatasan visibilitas merupakan salah satu tindakan penegakan biner ke moderasi konten untuk mendukung pendekatan kebebasan berbicara dan kebebasan jangkauan Twitter.

“Membatasi jangkauan Tweet membantu mengurangi keputusan moderasi konten biner “tinggalkan versus hapus” dan mendukung pendekatan kebebasan berbicara vs kebebasan jangkauan kami,” cuit Twitter Safety 

Twitter juga menjelaskan, apabila terjadi kesalahan dalam membatasi visibilitas konten, pembuat Tweet dapat mengirim masukkan mengenai label tersebut.

“Terkadang kami mungkin melakukan kesalahan, sehingga penulis dapat mengirimkan masukan pada label jika menurut mereka kami salah membatasi visibilitas konten mereka,” lanjutnya. 

Twitter juga berencana untuk mengizinkan penulis mengajukan banding terkait keputusan untuk membatasi visibilitas Tweet.

“Di masa mendatang, kami berencana untuk mengizinkan penulis mengajukan banding atas keputusan kami untuk membatasi visibilitas Tweet,” jelas Twitter Safety.

“Kami akan terus menghapus konten ilegal dan menangguhkan aktor jahat dari platform kami. Kami berkomitmen untuk meningkatkan transparansi seputar tindakan moderasi kami, dan kami akan terus membagikan pembaruan tentang kemajuan kami,” lanjut Twitter Safety @TwitterSafety

Tampilan Label Visibilitas pada Pembuat Tweet dan Pembaca Tweet

Label Visibilitas memberikan transparansi baru pada tindakan penegakan hukum. Yakni dengan menampilkan kebijakan mana yang berpotensi dilanggar oleh Tweet yang dibuat oleh pembuat Tweet.

Author Label, source by Twitter Blog
Viewer Label, source by Twitter Blog

Dengan demikian, pembuat dan pembaca Tweet dapat mengetahui penyebab suatu konten Tweet memiliki pembatasan visibilitas oleh Twitter melalui label visibilitas tersebut.

Oleh karena itu, baik pembuat dan pembaca Tweet harus mengetahui dan memahami apa saja jenis Tweet yang termasuk dalam pelanggaran kebijakan Twitter.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.