Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

WSBK Mandalika 2022: Aspal Menunjukkan Suhu Fantastis

Potret Lanskap Sirkuit Mandalika di NTB yang akan dijajal oleh 24 pembalap (Sumber: Instagram @MotoGP)

ANDALPOST.COM – Sirkuit balap kebanggaan masyarakat Indonesia kembali dibicarakan oleh khalayak ramai. Bagaimana tidak, suhu aspal di sirkuit tersebut menunjukkan angka 66,4 derajat. 

Hal ini diunggah langsung oleh pembalap Kawasaki, Alex Lowes melalui instagram pribadinya. 

“Tidak butuh pemanas ban di sini,” tulis Lowes sambil memamerkan pengukur suhu yang ia arahkan ke aspal Mandalika. 

Tangkapan layar story Instagram @alexlowes22

Para pembalap yang akan turun mengaspal pada kejuaraan World Superbike (WSBK) 2022 bakal dihadapkan dengan cuaca yang sulit diprediksi.

Melansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada tanggal 11-13 November di saat pelaksanaan WSBK kawasan Mandalika yang berada di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat pada siang sampai sore hari. 

Saat dikonfirmasi ke BMKG wilayah NTB, Zainuddin Abdul Madjid, membenarkan hal tersebut.

Komentar BMKG atas Turnamen

“Ada potensi hujan mengingat sudah mulai memasuki musim hujan, terutama pada siang-sore hari. Bisa diamati dari range kondisi cuaca di tiap pembagian waktu ya,” kata Alfiansyah kepada Detik Bali, Senin (7/11/2022), via WhatsApp.

Saat ini, cuaca di Indonesia sangat tidak menentu. Di sebagian besar daerah, dalam sehari cuaca bisa sangat panas kemudian berganti dengan guyuran hujan ditemani guntur dan petir.

Hal ini juga terjadi di Mandalika, Rabu (9/11/2022). Perubahan cuaca ekstrem sudah mulai nampak. 

Sesaat setelah Lowes menunjukkan suhu aspal, hujan turun mengguyur daerah tersebut. Hal tersebut juga diprediksi akan membayang-bayangi pada pembalap.

Alvaro Bautista, pembalap berkebangsaan Spanyol yang saat ini membawa nama Ducati juga meresahkan hal yang sama. Ia menilai bahwa cuaca di daerah tersebut sangat sulit diprediksi. 

“Saya tahu di Indonesia saya punya peluang merebut gelar juara dunia, tapi di saat bersamaan Mandalika adalah trek yang sulit. Karena saya tidak pernah membalap di sana bersama Ducati, dan kita juga tahu aspalnya baru, dan juga cuaca di sana sulit diprediksi,” ujar Bautista dilansir dari CNN Indonesia.

Apa itu WSBK?

WSBK sendiri adalah salah satu ajang bergengsi di olahraga “kuda besi” ini. WSBK (WorldSBK) adalah sebutan untuk Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike. 

Tidak berbeda dengan MotogP, WSBK juga berada di bawah payung Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.