Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Menparekraf Beri Kiat Sukses Bisnis untuk Pelaku Ekraf dan UMKM Situbondo

Menparekraf Sandiaga Uno Memberikan kiat sukses dagi pada pelaku UMKM di Situbono. (Design by @salwadiatma)

ANDALPOST.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan kiat sukses berbisnis bagi para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM guna memberi solusi ekonomi pasca-pandemi.

Hal ini disampaikan pada acara Seminar Strategi Peningkatan Ekraf dan UMKM di Kampung Kerapu, Situbondo, Jawa Timur, pada Sabtu (14/01/2023).

Sandiaga Uno mengatakan para pelaku ekraf dan UMKM memiliki berbagai kendala, mulai dari pembiayaan, pemasaran, hingga permodalan.

“Untuk kebutuhan terkait ekonomi kreatif yang dikembangkan di Situbondo, kami melihat peluangnya sangat besar,” kata Sandiaga.

Menparekraf Berikan Kiat, Solusi, dan Dukungan

“Untuk itu pemerintah hadir memberikan solusi. Hal itu juga sebagai penciptaan target ekspor 26,5 miliar dolar AS dan penciptaan lapangan kerja 4,4 juta di tahun 2024,” lanjutnya.

Berbagai masalah yang dialami oleh para pelaku UMKM, kata Menparekraf Sandiaga, pemerintah akan hadir untuk memberikan kiat, solusi, dan dukungan.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut menambahkan bahwa produk UMKM di Situbondo mulai dari kerajinan tangan dan ekonomi kreatif lainnya sudah bagus. Hanya tinggal pengemasan saja yang perlu diperbaiki.

“Kemudian ada juga yang menyampaikan terkait kemasan. Kemenparekraf memiliki program Bedah Desain Kemasan (Bedakan). Ini menjadi program flagship kami karena manfaatnya betul-betul dirasakan langsung oleh pelaku usaha,” ungkapnya.

Selain itu terdapat juga program pelatihan dan pendampingan yang dihadirkan, sehingga program-program tersebut betul-betul dilakukan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Mengkoordinasikan Label Halal

Menteri Sandiaga Uno juga menjawab pertanyaaan mengenai pelaku UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan label halal.

Ia juga berkoordinasi langsung dengan Wakil Bupati Situbondo, Nyai Khoirani yang turut hadir dalam dialog interaktif tersebut.

“Kemudian tentang labeling produk halal, sebelumnya program tersebut sudah ada. Kami akan berkoordinasi dengan Pemda untuk memfasilitasi,” ungkap Sandiaga.

“Karena memang dari segi proses harus ada sertifikasi namun untuk biayanya kita sudah ada program dan biayanya yang gratis,” imbuhnya.

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengapresiasi Kampung Kerapu yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di daerah Situbondo.

“Selain Kampung Blekok, Situbondo memiliki Kampung Kerapu, kita patut mengapresiasi dan memberikan dukungan. Kampung Kerapu ini bisa dijadikan contoh bagi pengelola wisata bahari lainya, dengan menghadirkan tidak hanya kuliner yang nikmat namun juga suasana malam yang romantis dan juga instagramable,” ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.