Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Roblox Memperbolehkan Usia 17 Tahun ke Atas Menikmati Game yang Lebih Dewasa

Roblox Memperbolehkan Usia 17 Tahun ke Atas Menikmati Game yang Lebih Dewasa
Roblox akan memperbolehkan pembuatan game yang bersifat dewasa untuk pengguna berusia 17 tahun ke atas. Sumber: Roblox

ANDALPOST.COM – Roblox dalam sebuah pengumuman pada hari Selasa (20/06/2023), mengatakan bahwa mereka akan memperbolehkan pencipta game untuk membuat game dewasa bagi pengguna berusia 17 tahun ke atas.

Hal ini diberlakukan seiring dengan basis pengguna Roblox yang bertambah usia.

Untuk berpartisipasi dalam pengalaman tersebut, pengguna game tersebut diwajibkan melewati proses verifikasi usia yang memerlukan KTP dan live selfie.

Roblox menyediakan sistem yang tidak biasa antara jejaring sosial dan game.

Mereka menawarkan jutaan pengguna hariannya hamparan warna-warni dari dunia game yang dibuat penggunanya sendiri dan ruang online untuk bersosialisasi.

Roblox Telah Menyediakan Game yang Lebih Dewasa

Sekarang, dunia yang penuh warna itu akan dapat menawarkan pengalaman kepada pengguna berusia 17 tahun ke atas.

Termasuk, tema game yang berisi kekerasan yang lebih intens, romansa, humor kasar, penggambaran perjudian, dan bahkan sedikit minuman keras virtual.

Sebaliknya, kategori 13+ hanya mengizinkan kekerasan “sedang” dan darah realistis “ringan” tanpa tema romantis atau alkohol.

Kelompok usia di atas 17 Roblox adalah yang paling cepat berkembang, dan kelompok itu terdiri dari hampir 40 persen pengguna aktif hariannya tahun lalu.

Mayoritas pembuat Roblox—yang mengisi antarmuka seperti toko aplikasi platform dengan game dan pengalaman lainnya—berusia 17 tahun ke atas.

Roblox Memperbolehkan Usia 17 Tahun ke Atas Menikmati Game yang Lebih Dewasa
The Mimic, salah satu game horror yang paling populer di Roblox. Sumber: Roblox

“Kami ingin memastikan bahwa mereka dapat menjelajahi tema dan grafik serta hal-hal yang akan sangat menarik bagi mereka,” kata Chief Product Officer Roblox, Manuel Bronstein, kepada TechCrunch.

Bronstein berharap para kreator akan terinspirasi untuk menjelajahi tema-tema dewasa baru dengan percaya diri, sambil mengikuti pedoman platform tentang apa yang boleh dan tidak boleh.

Perubahan tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan baru dalam genre konten yang biasanya tidak terkait dengan Roblox. Contohnya, semakin maraknya game tembak-tembakan buatan pengguna dan game horor.

Bronstein mencirikan penambahan konten 17+ sebagai “evolusi alami” untuk platform tersebut. 

Pergeseran yang sedang berlangsung itu mencakup banyak perubahan produk. Semuanya dirancang untuk membuat Roblox tetap menarik dan relevan bagi pengguna muda seiring bertambahnya usia.

Roblox tidak takut mencampuradukkan atau berpotensi mencairkan identitasnya saat sudah dewasa. Dalam beberapa tahun terakhir, platform ini semakin memilih pendekatan yang lebih melapisi grafik yang lebih canggih dan alat developer yang lebih mendalam.

Platform sosial media masif itu juga mengadakan avatar yang realistis dan fitur seperti voice chat.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.