Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

IdenTIK, Bentuk Dukungan Kominfo untuk Anak Bangsa

Ilustrasi Penyelenggaraan Indonesia Enterpreneur TIK Bentuk Dukungan Kominfo Bagi Anak Bangsa. (Design by: Aini)

ANDALPOST.COM – Menghadapi transformasi digital era Revolusi Industri 4.0 yang semakin berkembang dan menuju Masyarakat Cerdas 5.0. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) kembali menggelar sebuah kompetisi. Kompetesi tersebut adalah Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) 2023. Pendaftaran kompetisi tersebut mulai dibuka dari awal bulan Maret sampai 31 Juli 2023.

Berdasarkan website IdenTIK Kominfo, menjelaskan bahwa IdenTIK adalah transformasi dari program INAICTA serta ID.UP. Yakni sebuah ajang kompetisi TIK yang ditujukan untuk menggali produk Teknologi Informasi dan Komunikasi karya anak bangsa. Dalam kompetisi yang terbaik akan bersaing pada tingkat regional hingga internasional. 

Pada kompetisi IdenTIK 2023 akan mengusung tema Collaborate To Grow Stronger. Ajang ini dapat menjadi wadah bagi setiap anak bangsa Indonesia yang ingin menunjukan kemampuan dan kepiawaian mereka dalam dunia teknologi kepada dunia. 

Melalui akun Instagram @identik_kominfo menunjukan bahwa saat ini kompetisi tersebut sedang melakukan roadshow ke beberapa kota di Indonesia. Roadshow pertama Kominfo sukses diadakan di Bekasi yang bertempat di Binus University Kampus Bekasi pada Selasa (7/3/2023).

Dalam roadshow Identik pertama tersebut, acara dibuka oleh Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto. Selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo. Diketahui juga roadshow IdenTIK akan dilakukan di beberapa kota lainnya seperti Bandung pada tanggal 11 April 2023 dan Yogyakarta pada tanggal 03 Mei 2023.

Kategori Pengembangan Bakat

Terdapat pula informasi mengenai kategori yang dapat diikuti dalam acara pengembangan bakat dalam bidang TIK bagi anak bangsa yang ingin berpartisipasi dalam IdenTIK 2023 antara lain:

  1. Startup Company
  2. Private Sector
  3. Inovasi Teknologi Konten Digital
  4. Corporate Social Responsibility (CSR)
  5. Digital Inclusivity
  6. Research and Development (R&D)
Pemberitahuan Kategori Kompetisi IdenTIK 2023 melalui akun Instagram : Sumber: Instagram @identik_kominfo

Melalui akun instagram @identik_kominfo dikatakan bahwa dari keenam kategori hasil karya tiap kategori ini adalah inovasi teknologi. Produk tersebut dapat berupa produk perangkat lunak, perangkat keras, atau kombinasi keduanya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.