Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

India Tunjukkan Kekuatan Maritimnya di Tengah Presensi China

India Tunjukkan Kekuatan Maritimnya di Tengah Presensi China
Kapal induk India, INS Vikramaditya dan INS Vikrant, beroperasi di Laut Arab. (The Andal Post/Aini)

ANDALPOST.COM – Meskipun China sedang gencar-gencarnya menunjukkan dominasi maritimnya. India tidak mau kalah dan melakukan operasi militer di tengah meningkatnya kehadiran China di kawasan Samudera Hindia pada Sabtu (10/6/2023). Operasi itu mengikutkan dua kapal induk, beberapa kapal perang garis depan, kapal selam, dan lebih dari 35 pesawat tempur.

Yang ditunjukkan India adalah kemampuan untuk memproyeksikan kekuatan di sekitar Samudra Hindia dan sekitarnya.

Analis mengatakan itu adalah pencapaian besar dan yang hanya dilakukan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dalam ingatan baru-baru ini.

“Ini bukan pencapaian kecil dan menggarisbawahi bahwa Angkatan Laut India adalah salah satu dari sedikit di dunia yang mengoperasikan lebih dari satu kapal induk,” kata Nick Childs, peneliti senior untuk angkatan laut dan keamanan maritim di International Institute for Strategic Studies ( IIS).

Dua kapal induk, INS Vikramaditya dan INS Vikrant, memimpin latihan dengan lebih dari 35 pesawat, terdapat juga sejumlah kapal permukaan dan kapal selam, menurut siaran pers dari Angkatan Laut India.

“Demonstrasi sukses operasi kelompok tempur dua kapal induk berfungsi sebagai bukti kuat akan peran penting kekuatan udara berbasis laut dalam mempertahankan keunggulan maritim,” kata rilis itu.

India mampu melakukan operasi dua kapal induk ketika Vikrant senilai $3 miliar, kapal induk buatan dalam negeri pertama India, ditugaskan September lalu. Kapal itu bergabung dengan Vikramaditya, yang dibeli dari Rusia dan mulai beroperasi pada tahun 2013.

Setelah Vikrant menugaskan tahun lalu, India hanya bergabung dengan Inggris dan China dalam menugaskan kapal induk buatan dalam negeri dalam tiga tahun sebelumnya.

Penjelasan Collin Koh

Collin Koh, peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura, mengatakan sejarah angkatan laut India mungkin menempatkannya di atas China. Yang Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA)-nya adalah yang terbesar di dunia, dalam lingkungan operasi kapal induk saat ini.

India Tunjukkan Kekuatan Maritimnya di Tengah Presensi China
Kapal induk India INS Vikramaditya dan INS Vikrant memimpin operasi gabungan di Laut Arab. Sumber: Maritim India

“Angkatan Laut India telah memiliki pengalaman dan keahlian selama puluhan tahun dalam operasi kapal induk. Dan ini mungkin merupakan keunggulan utama yang dimilikinya dibandingkan Angkatan Laut PLA, saingan utamanya di bidang ini. Meskipun kemajuan relatif yang terakhir dalam program kapal induk dalam negeri,” kata Koh.

China memiliki dua kapal induk yang beroperasi, Liaoning buatan Soviet dan Shandong buatan dalam negeri. Sementara kapal induk ketiga, Fujian, telah diluncurkan tetapi tidak ditugaskan.

Mantan kapten Angkatan Laut AS, mengatakan operasi kapal induk ganda India minggu ini menunjukkan “peremajaan Angkatan Laut India.”

India menugaskan kapal induk pertamanya pada tahun 1961 dan menambahkan yang kedua pada tahun 1987. India telah mengoperasikan dua kapal induk sebelumnya, antara tahun 1987 dan 1997, dan antara tahun 2013 dan 2017.

“Harus diingat bahwa Angkatan Laut India selalu menjadi kekuatan yang sangat terlatih, disiplin ketat, dan sangat mahir,” kata Schuster.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.