Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Piala AFF 2022: Indonesia Bantai Brunei Darussalam 7-0

Skuad Garuda saat melakukan selebrasi usai membobol gawang Brunei Darussalam (Sumber: Ihwal)

ANDALPOST.COM – Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Brunei Darussalam 7-0 pada laga kedua Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). 

Dalam pertandingan tersebut, Tim Garuda memasukkan tujuh gol tanpa balas.

Tembakan Syahrian Abimanyu dari luar kotak penalti Brunei membawa Indonesia unggul lebih dahulu di menit ke-20.

Gol ini merupakan hasil serangan balik Indonesia. Egy mendapatkan bola di lini tengah dan melakukan umpan memotong ke Dendy di sisi kiri.

Dendy kemudian mengoper ke Shahrian setelah mendapat umpan pendek dari Spaso. Syahrian melancarkan tembakan melengkung yang berhasil menembus gawang Brunei dengan satu kontrol.

Dendy Sulistyawan menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0 pada menit ke-41 setelah meneruskan umpan silang Saddil Ramdani dan memanfaatkan umpan silang Asnawi Mangkualam.

Di awal babak pertama, Brunei memanfaatkan serangan balik yang dipimpin Hakeme Yazid. Sayangnya, kiper Indonesia Nadeo Arga Winata masih bisa menyelamatkan hasil akhir Hakame.

Indonesia menyelesaikan babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Usai turun minum, Hansamu Yama pada menit ke-51 memberi Indonesia peluang indah. Diawali dengan pergerakan sisi kanan Asnawi Mangkualam dan mengoper ke Hansamu yang posisinya satu meter di depan gawang Brunei.

Sundulan Egy Maulana Vikri untuk melewati Edo Febriansah memberi Indonesia keunggulan 3-0 atas Brunei pada menit ke-59.

Tekanan backheel Spaso setelah mengoper bola Asnawi memperpanjang keunggulan Indonesia menjadi 4-0 dua menit kemudian, atau pada menit ke-61.

Indonesia kemudian mencetak gol kelima pada menit ke-69 berkat tekanan Ramadhan Sananta setelah meneruskan umpan sisi kanan Yakob Sayuri.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.