Terima Notifikasi Berita Terkini. 👉 Join Telegram Channel.

Kemkominfo Kembali Buka Program Profesional Academy Digital Talent Scholarship

Ketua Tim Kerja PROA DTS Badar Agung Nugroho | dok. Tangkapan layar/YouTube Kominfo

ANDALPOTS.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali membuka program Profesional Academy Digital Talent Scholarship (PROA DTS) di tahun 2023 ini.

Program pelatihan khusus bagi masyarakat yang tengah bekerja atau pernah bekerja ini kembali mengusung dua tujuan utama.

Tujuan pertama adalah peningkatan kapasitas kemampuan atau upskilling di bidang digital, dan kedua alih kompetensi atau re-skilling ke bidang digital.

“Program ini bisa diikuti mereka yang sedang atau pernah bekerja di bidang TIK untuk upskilling. Juga bisa untuk yang ingin alih kompetensi ke bidang TIK,” terang Ketua Tim Kerja PROA DTS Badar Agung Nugroho.

“Untuk alih kompetensi, kita akan berikan pelatihan yang sifatnya dasar. Tidak terlalu teknis, tapi mereka para peserta sudah bisa masuk ke bidang TIK,” lanjutnya.

Tema PROA DTS

PROA DTS tahun ini akan mengusung sekitar 13 tema pelatihan. Di antaranya data analyst, data scientist, data engineer, business intelligence engineer, hingga python dan clouds.

“Akan ada juga tema pelatihan desain, seperti desain infografis dan video editing,” imbuhnya.

Tema pelatihan yang dihadirkan tersebut, kata Badar, selain datang dari usulan Kemkominfo juga dipilih berdasarkan minat para peserta tahun lalu.

“Kami melihat beberapa pelatihan yang peminatannya sangat tinggi tahun lalu. Itu kami buka lagi. Harapannya yang belum berkesempatan ikut tahun lalu, bisa ikut di tahun ini,” kata Badar.

Terkait mekanisme pendaftaran pada tahun ini, Badar mengatakan masih sama dengan tahun sebelumnya. Masing-masing peserta hanya bisa mendaftar satu pelatihan.

“Diharapkan nantinya calon peserta yang mendaftar, menyelesaikan satu pelatihan baru nantinya bisa ikut di pelatihan lainnya. Atau bisa ikut di pelatihan selain dari PROA,” jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.